Selasa, 21 November 2017

Bagian buah yang jarang di manfa'atkan namun banyak khasiatnya

Siapa sih yang gak suka buah?, tentu semua menyukainya ya???
Selain menyegarkan kandungan gizi dalam buah-buahan sangat berguna bagi tubuh,juga banyak lagi manfa'at buah-buahan bagi tubuh seperti;



Manfa'at buah-buahan bagi tubuh
  • Sumber vitamin, Buah merupakan sumber vitamin dan berbagai jenis vitamin ada di buah.
  • Sumber Air dan Gizi, buah merupakan salah satu sumber air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. 
  • Sumber antioxidan, buah merupakan salah satu sumber antioxidant alami terbesar yang ada di dunia. 
  • Mencegah penyakit tertentu. Buah-buahan merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita agar tidak terserang penyakit berbahaya dan berbagai penyakit lainnya. 
  • Obat luar tubuh, Buah-buahan juga dapat digunakan untuk menggunakan obat luar seperti jerawat, bisul, dan sebagainya.


Dengan manfa'at yang begitu banyak tentu kebutuhan tubuh kita akan tercukupi dengan sering mengkonsumsinya
Pada umumnya bagian buah yang di konsumsi adalah daging buahnya dan membuang kulit dan bijinya, namun setelah baca artikel ini kalian akan berfikir dua kali untuk membuang kulit atau biji buah di karnakan khasiat biji atau buah tersebut

Beberapa bagian buah yang jarang di manfaatkan namun banyak khasiatnya antara lain

1.Kulit semangka

Buah semanka adalah buah yang menyegarkan dan banyak orang hanya mengonsumsi apalagi di siang hari. Pada umumnya hanya daging buahnya saja yang makan, padahal selain daging buahnya bagian dalam kulit semangka juga sangat bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah, karna kulit semangka ini mengandung citrulline dan antioksidan yang baik bagi kesehatan.

2. Kulit jeruk

Pada kulit jeruk, terdapat serat, flavanoid dan zat anti-kanker, anti-diabetes dan anti-peradangan,manfa'at dari kulit jeruk antara lain:

  • (Mengatasi Tanda-Tanda Penuaan) Kulit jeruk kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mengatasi keriput. Kulit jeruk juga bermanfaat sebagai toner wajah yang sangat bagus. Cara membuatnya, campurkan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk, madu dan oatmeal secukupnya. Aduk hingga rata lalu oleskan secara merata pada wajah Anda. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.
  • (Memutihkan Gigi) Kesal dengan warna gigi yang menguning? Menggunakan kulit jeruk adalah jawaban yang tepat. Kulit jeruk mengandung senyawa yang disebut d-limonene, yang dapat membantu mengurangi warna kuning pada gigi yang disebabkan oleh berbagai hal. Gosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi Anda selama 2-3 menit, lalu bilas. Lakukan hal ini dengan rutin dua kali sehari, maka gigi Anda akan kembali memutih.
  • (Mengurangi Berat Badan) Vitamin C telah terbukti membantu menurunkan berat badan. Dalam proses diet Anda, ganti kopi atau soda yang sering Anda konsumsi dengan teh kulit jeruk. Keringkan beberapa kulit jeruk organik, di tempat sejuk dan kering. Masukan 1 sendok makan kulit kering dalam 1 cangkir air panas. Tutup gelas dan biarkan selama 10 menit. Buang kulitnya lalu tambahkan beberapa sendok madu. Minum 2 cangkir teh per hari secara rutin.
  • (Menurunkan Kolesterol)Kulit jeruk dapat mengurangi kolesterol tinggi di dalam tubuh Anda. Semua orang mengetahui bahwa kolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Kandungan pektin dalam kulit jeruk membantu mengurangi kolesterol, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Yang harus Anda lakukan hanyalah minum teh kulit jeruk dua kali setiap hari.

3.Kulit lemon

Kulit lemon baik digunakan untuk memperbaiki pencernaan. Jika dikonsumsi setiap hari, kulit lemon bisa meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kekebalan tubuh.
Banyak zat yang terkandung dari kulit lemon antara lain vitamin A, E, C, B6, riboflavin, fosfor, zat besi, kalsium, folat, kalium dan magnesium.
Dalam kulit lemon terkandung vitamin C dalam jumlah tinggi yang membantu untuk membuat kulit menjadi sehat dan awet muda,caranya bisa di gunakan sebagai masker

4. Kulit kiwi

Kulit kiwi mengandung vitamin, mineral dan antioksidan. Nutrisi alami dalam kulit kiwi bisa meningkatkan kesehatan jantung karena berperan sebagai pengencer darah.dan lebih detailnya beberapa manfaat kulit kiwi di antaranya

  • (Sebagai obat awet muda) Bagi Anda yang selalu ingin tampil awet muda tak perlu menggunakan produk kecantikan anti-aging (anti penuaan) agar penampilan terlihat segar dan muda. Sama seperti manfaat buah kiwi yang kaya akan anti oksidan, kulit buahnya pun juga mengandung antioksidan yang bisa membantu proses peremajaan kulit agar lebih cepat sehingga menekan kemungkinan timbulnya kerutan pada wajah.
  • (Membantu menurunkan berat badan) Untuk membantu menurunkn berat badan, Anda bisa mengonsumsi kulit buah kiwi. Kulit kiwi mengandung banyak serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan serta membuat efek mengenyangkan lebih lama.
  • (Menyeimbangkan Alkaline) Kiwi merupakan buah yang merupakan termasuk golongan basa, yang di mana merupakan buah yang kaya akan mineral sehingga dapat menggantikan kelebihan asam Manfaat dari memiliki keseimbangan tubuh antara asam/ basa dapat membuat kulit terlihat muda, membuat tidur lebih nyenyak, memiliki energi yang melimpah, mencegah pilek serta juga dapat mengurangi resiko osteoporosis dan arthritis.
  • (Baik Untuk Penderita Diabetes) Kiwi termasuk dari golongan buah yang memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti bahwa buah kiwi bukan faktor mempercepat peningkatan gula darah jika di konsumsi. Karena buah kiwi memiliki glikemik dari 4 sehingga sangat aman jika di konsumsi oleh penderita diabetes.
  • (Membantu Pencernaan Dengan Enzim) Buah kiwi yang mentah terkandung actinidain dan juga  enzim protein - larut yang dimana dapat bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan supaya lancar. Karena buah kiwi ini mengandung enzim yang dapat membantu pencernan yang sama seperti pada pepaya yaitu papain dan jika dalam buah nanas bernama bromelain.
  • (Sumber AntiOksidan) Manfaat kulit buah kiwi yang terakhir yaitu dapat bermanfaat sebagai antialergi, antiperadangan dan antikanker, karena kulit dari buah kiwi mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Bahkan menurut Dr Glenville menyatakan bahwa kulit buah kiwi mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak dari pada yang terdapat pada daging.
  • (Menyehatkan Jantung) Kulit buah kiwi mengandung antioksidan tiga kali lebih tinggi dari pada dagingnya. Zat antioksidan bernama flavonoid pada kulit kiwi diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan organ peredaran darah, terutama jantung. Flavonoid terbukti mampu mengontrol kadar gula darah sehingga dapat meminimalisir resiko terkena penyakit serangan jantung.
  • (Penawar Keracunan Makanan) Selain memnyehatkan organ dalam, manfaat buah kiwi khususnya pada kulitnya yang kaya antioksidan ini adalah sebagai penawar keracunan makanan. Dilansir dari laman presiden Food and Health Amerika, kulit kiwi dapat melawan bakteri, seperti staphylococcus dan e-coli. Kedua bakteri itulah penyebab manusia keracunan makanan.

5. Kulit mangga

Kulit buah mangga memiliki resveratrol, senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah.dan beberapa vitamin di kulit mangga ini yang sangat berguna bagi kesehatan seperti kandungan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, Vitamin C,dipercaya dapat membantu memulihkan penyembuhan luka,merangsang pertumbuhan yang baik serta sebagi zat anti oksidan yang bisa menangkal radikal bebas,kandungan serat pada kulit mangga sangat baik untuk menjaga pencernaan makanan makin baik
Kulit buah mangga juga dapat menurunkan kolesterol pada tubuh dan menurunkan resiko kanker.

6. Kulit buah manggis

Kulit buah manggis memiliki kandungan antioksidan yang kaya dan sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas,seperti produk kecantikan dengan label ektrak kulit manggis produsen mengklaim bahwa ekstrak kulit manggis kaya akan zat antioksidan, antimikroba, dan xanthone. Zat-zat tersebut diklaim bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, mengatasi permasalahan kulit, dan memperlambat proses penuaan. Selain itu, jenis-jenis kondisi yang konon bisa diatasi oleh ekstrak kulit manggis meliputi:

Diare.
Gonore.
Disentri.
Eksim.
Jerawat.
Tuberkulosis.
Osteoartritis.
Kesehatan mental
Infeksi saluran kemih.
Gangguan menstruasi.

7. Biji buah durian

Dalam biji buah durian terkandung banyak nutrisi penting, antara lain, vitaamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, karbohidrat, lemak, folat, protein, serat, energy, kalium, kalsium, tembaga, serta fosfor. Selain daging buahnya, biji durian juga dapat menjadi salah satu sumber energy bagi tubuh. Hal ini dikarenakan biji durian memiliki kandungan sari pati yang cukup tinggi sehingga mampu menyuplai kebutuhan energy bagi tubuh. Biji durian, terutama biji durian yang direbus dapat menggantikan fungsi ubi, singkong, bahkan nasi dalam hal pemenuhan kebutuhan energy yang dibutuhkan oleh tubuh sehari – hari.

Bagian buah yang jarang di manfatkan namun berkhasiat sebagai pengetahua bagi kita, jika kita cermati semua yang ada di dunia pasti ada gunanya ga ada yang sia².

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts