Rabu, 15 November 2017

Cara atasi bau badan secara alami



Cara menghilangkan bau badan

Bau badan menjadi salah satu hal yang membuat kita gak percaya diri,dan kita juga pasti risi jika sebelah kita bau badan, untuk kalian yang mengalami masalah bau badan dan ingin menghilangkanya secara total tutorial di bawah mungkin dapat menjadi solusi bagi kalian

Ok sebelum kita lanjut ke topik ada baiknya kita pahami apa itu bau badan dan penyebabnya??

Keringat di hasilkan oleh 2 kalenjar dalam tubuh yaitu;


  1. 1.kalenjar accrine Yaitu kelenjar yang bertugas memproduksi keringat bening yang tidak berbau yang sejak bayi sudah keluar,kalenjar ini umumnya keluar di bagian tangan punggung serta dahi,fungsi dari kaluarnya keringat ini adalah untuk menurunkan kondisi tubuh pada waktu tertentu,kalenjar ini memiliki kandungan asam lemak jenuh lebih kental dan berminyak.
  2. kalenjar apokrin Yaitu kalenjar yang di bilang ada di semua bagian tubuh terutana di bagian tubuh yang memiliki perakaran rambut seperti ketiak organ intim dan hidung,namun kalenjar ini paling banyak terletak di ketiak karna pori² ketiak yang cukup besar untuk menghasilkan dan mengeluarkan keringat,kalenjar ini akan bereksresi bersama bakteri yang berperan dalam proses pembusukan,yang mengakibatkan masalah bau badan yang akan aktif setelah masa pubertas


Dan berikut beberapa penyebab bau badan antara lain;

1. Asam propanoat atau asam propionat
Adalah hasil dari uraian keringat oleh propionibacteria (salah satu bakteri yang berkembang biak di saluran kelenjar sebasea manusia saat manusia di usia remaja.

 2. Asam isovalerik
Yaitu asam yang dihasilkan oleh bakteri staphylococcus epidermis dimana akan menyebabkan bau badan persis seperti keju.

3. Ketidak Seimbangan Diet
Kurangnya asupan zinc dan magnesium serta terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolin, bawang putih, daging, kopi, makanan berlemak serta alkohol.

4. Stress Secara Emosional 
Kelenjar apokrin akan melakukan peningkatan produksi keringatnya disaat seseorang menglamai stres dan akhirnya keluarlah bau tidak sedap dari tubuh anda.

 5. Perubahan Pada Hormon 
Ini akan terjadi saat orang masuk kedalam usia remaja, perubahan hormon terutama hormon androgen juga dapat menyebabkan bau badan.

 6. Kesalahan Konsumsi Makanan Penyebab bau badan yang berlebihan ke enam adalah Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan berbau tajam, pedas serta daging yang berwarna merah, bawang putih dan lain sebagainya. Hal ini karena hasil dari makanan tersebut akan keluar juga lewat keringat tentu timbullah bau tidak sedap tersebut, perlu anda ketahui makanan bukan hanya dikeluarkan melalui urin dan feses, melainkan bisa juga lewat keringat.

 7. Kurangnya Perawatan Pada Tubuh Penyebab lainnya karena kurangnya perawatan untuk tubuh, jagalah kebersihan tubuh anda, jika tubuh saja tidak bersih bagaimana mungkin bau badan menjauh dari anda ?

 8. Pola Hidup Yang Salah 
Jarang mandi, sering menggunakan pakaian berbahan tebal dalam waktu cukup lama, tidak mengganti pakaian jeans dalam waktu yang lama, dan penyebab serupa lainnya pun dapat menimbulkan bau badan yang berlebihan.

 9. Dampak Dari Penyakit Lainnya Biasanya penderita diabetes juga mengidap bau badan, ini disebabkan gula darah yang tidak dapat di kontrol dengan baik sehingga terjadi ketoadosis maka timbullah bau badan, selain diabetes penyakit lever pun dapat berdampak yang sama, karena racun di dalam tubuh tidak dapat keluar secara baik sebagaimana mestinya.

Cara menghilangkan bau badan alami

1.Daun sirih
Cara menggunakan daun sirih untuk menghilangkan bau badan
Mungkin kita lebih mengenal daun sirih itu baik untuk perawatan daerah organ kewanitaan. Namun ternyata selain itu, kandungan antibakterial dan antiseptik dalam daun herbal ini juga baik untuk mengatasi bau badan kamu. Caranya:

  • Petik daun sirih yang masih segar beberapa lembar 
  • Tumbuk daun tersebut sampai halus 
  • Oleskan keseluruh bagian tubuh Usahakan bagian ketiak kamu beri gosokan lembut selama 5 menit
  • Diamkan sekitar 10 menit 
  • Bilas dengan mandi air hangat 

Selain menggunakannya dari luar, kamu juga bisa menghilangkan bau badan dari dalam tubuh. Caranya cukup rebus daun sirih dan konsumsi air rebusannya secara rutin

2.Ramuan herbal dari bahan alami untuk menghilangkan bau badan

Resep#1

  • Kunyit '20gram'
  • Daun sirih'5lembar'
  • Gula aren secukupnya
  • Asam jawa secukupnya

  Caranya;
Cuci bahan di atas sampai bersih lalu rebus semua bahan dalam 600cc air sampai mendidih hingga air tersisa kira² 200cc,setelah dingin saring dan minum air hasil saringqn tadi

Resep#2

Daun kemangi(daun beluntas),yaitu dengan menggunakanya sebagai lalapan

Resep#3

Daun kedondong laut
Caranya;
Rebus dan gunakan sebagai lalapan matang

Resep#4


  • Temulawak'25gram'
  • Daun beluntas'30gram'
  • Temu giring'20gram'

Caranya;
Cuci semua bahan,tumbuk halus dan rebus dalam 500cc air hingga tersisa 200cc dan minum

Itulah beberapa penyebab bau badan dan cara menghilangkanya,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts