Jumat, 06 Oktober 2017

Pengertian dan fungsi lemak




LEMAK


Lemak tersusun atas unsurKarbon(C), Hidrogen(H), dan Oksigen(O).
Perbedaan antara lemak dan karbohidrat adalah jumlah unsur O lebih sedikit, sehingga saat terjadi proses oksidasi lemak akan memerlukan oksigen lebih banyak, akibatnya energy yang dihasilkan jauh lebih banyak.
Selain berfungsi sebagai sumber energy terbesar, lemak juga berfungsi sebagai: Bantalan tubuh terhadap benturan fisik Isolator dari pengaruh udara dingin Pelarut vitamin A, D, E, dan K


Lemak dikelompokkan menjadi dua kelompok menurut sumbernya yaitu :

Lemak hewani, adalah lemak yang berasal dari hewan.
Bahan makanan yang merupakan sumber lemak hewani antara lain telur, daging, susu, keju, dan mentega.

Lemak nabati yaitu lemak yang berasal dari tumbuhan.
Bahan makanan yang merupakan sumber lemak nabati antara lain kacang tanah, alpokat, kemiri, minyak wijen, dan biji bunga matahari.

kacang tanah Alpokat Dalam proses pencernaan, bahan makanan yang mengandung lemak akan disederhanakan menjadi asam lemak dan gliserol,bila keperluan energy sudah tercukupi lemak akan disimpan tubuh di bawah lapisan kulit dan sekitar organ-organ dalam.
Bahan makanan yang mengandung lemak dapat diuji keberadaannya dengan menggunakan beberapa cara, antara lain menggunakan kertas koran dan larutan diterjen,bahan makanan yang akan diuji dibuat larutan, kemudian diteteskan di kertas Koran,bila kertas tampak transparan berarti makanan tersebut mengandung lemak.

Sedangkan dengan menggunakan deterjen, caranya bahan makanan yang sudah dibuat larutan ditetesi larutan deterjen kemudian dikocok-kocok. Jika terbentuk elmusi putih keruh mengambang diatas, berarti bahan makanan tersebut mengandung lemak.

Dan perlu di ketahui bahwa lemak yang terkandung dalam makanan itu di bagi atas 4 jenis yaitu


  • Lemak tak jenuh tunggal (lemak baik)
  • Lemak tak jenuh ganda (lemak baik)
  • Lemak trans (lemak jahat) 
  • Lemak jenuh (lemak jahat) 


Kedua jenis lemak pertama mendapat predikat sebagai lemak baik,
memang benar adanya, banyak hasil penelitian yang ikut menguatkan bahwasanya lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda mempunyai peran serta yang baik untuk jantung, kolesterol, dan kesehatan manusia secara keseluruhan.

Dan beberapa makanan Yang Menjadi Sumber Lemak Baik di bedakan menjadi 2 jenis

  • Pertama: Lemak Tak Jenuh Tunggal (Monounsaturated fat) Buah dan minyak zaitun Minyak canola Minyak dari biji bunga matahari Minyak wijen Minyak kacang Buah alpukat Aneka kacang: almond, kacang macadamia, hazelnut, pecan, kacang tanah, dan kacang mete Selai kacang (untuk roti misalnya)
  • Kedua: Lemak Tak Jenuh Ganda (Polyunsaturated fat) Minyak kedelai Minyak jagung Minyak dari biji bunga saf Kacang kenari Biji bunga matahari Wijen Labu Biji rami Sumber lemak dari ikan-ikanan: Salmon, tuna, makarel, haring, trout, dan sarden Susu kedelai Tahu goreng 


Makanan Yang Menjadi Sumber Lemak Tak Baik (Jahat)? Ada 2 penggolongan lagi dalam menentukan lemak yang buruk bagi kesehatan, yaitu lemak jenuh dan lemak trans. Mari dilihat.

  • Pertama: Lemak Jenuh (Saturated fat) Potongan daging tinggi lemak: Sapi, domba, dan daging babi Daging ayam beserta kulitnya Produk susu yang tinggi lemak, semacam susu dan krim Mentega Keju Es krim Minyak kelapa Palem Lemak babi 
  • Kedua: Lemak Trans (Trans fat) Aneka kue panggang yang biasa dijual seperti donat, muffin, pizza, dan beberapa jenis biskuit Makanan ringan (cemilan) yang dibungkus seperti kerupuk, popcorn, dan keripik atau kentang goreng Makanan yang digoreng seperti ayam goreng, nugget ayam, ikan yang dilapisi tepung roti Permen batangan Pancake Kerang taco 

Lemak memang sangat berguna bagi tubuh tapi jika terlalu over juga tidak baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts